27.9.08

my name is earl

Rating:★★★★
Category:Other
satu lagi serial menarik yang diproduksi oleh FOX dan ditayangkan stasiun favorit saya, NBC. judulnya ‘my name is earl’, dibuat oleh greg garcia, dan saat ini sedang memasuki musim ke empat, yang sempat tertunda pembuatannya karena writers guild strike di dunia perfilman holywood beberapa waktu lalu.

ceritanya tentang earl hickey (jason lee) seorang penjahat kelas teri yang insyaf karena menemukan mukjizat ‘karma’ setelah menonton acara talk show last call with carson daly si vj mtv itu. ini bermula ketika earl memenangkan lotre senilai 100’000 us$ lalu tiba-tiba ditabrak mobil dan kehilangan kertas lotrenya. saat earl sedang terbaring di rumah sakit ia mendapat pencerahan tentang karma dari televisi. intinya, karma menyadarkannya bahwa what goes around comes around, bahwa semua keburukan yang dilakukannya semasa menjadi petty criminal lambat laun akan menuntut balas, meminta pertanggungjawabannya. to make up for those awful things, he make a list of all the bad things he had done and decided to make up for each and every single thing on the list.

from then on, accompanied by his brother randy hickey (ethan suplee), his ex-wife, joy turner (jamie pressly, yes the playboy centerfold bunny), his ex-wife’s husband, darnell crabman turner (eddy steeples) and his brother’s green card marriage wife’s catalina aruca (nadine velazquez) his journey of becoming a better person (or in earl’s words, crossing the items on the list) started. dalam perjalanannya, tentu saja dia pernah mengalami temporal breakdown, ya iyalah, namanya juga manusia, stress juga keseringan berusaha berbuat baik, sementara ternyata dunia tidak mendukung usahanya itu. tapi (thank god this is holywood) di setiap season’s finale, earl berhasil mengatasinya.

bagusnya, serial ini mengajari kita untuk selalu berbuat baik dengan cara sarkastis, tanpa menggurui seperti buku-buku self-help dan motivasi yang saya tidak percaya itu. serial ini juga mengajarkan untuk menerima perbedaan (but you have to go figure out them yourselves to find out, it’s on most of the episodes).

menariknya, entah benar atau tidak, konon NBC itu stasiun tv yang getol mempromote diversity in its most unique way, atau dalam bahasa jack mcfarland ‘this station’s logo is a peacock’ (peacock simbol gay), jadi, tidak mengherankan jika di serial ini akan banyak ditemui tentang ‘gayness’ juga berbagai tokoh dari bermacam etnis seperti nescobar aloplop si klepto dari afrika, atau orang cina yang tinggal di motel tempat catalina bekerja, dan lain-lain. selain itu, yang tak kalah menarik adalah detil-detil yang mewarnai serial ini, seperti kesukaan tokoh-tokoh serial ini pada def leppard, lynard skynard dan ac/dc. dan tentu saja taburan selebriti sebagai cameo seperti paris hilton, alyssa milano, christian slater (yang bercerita tentang global warming yang membukakan mata earl) and that perverted looking skinny guy from simple plan’s clip, i’m just a kid (if you can call him celebrity).

anyway, this is the next best thing after will and grace. very sarcastically profound. enough said, you have to watch it yourself to see what i’m talking about. all three seasons are available in bajakans, the fourth is on going. come, now, go enlighten yourself with some my name is earls.

1 komentar:

asri saraswati mengatakan...

never dissapoints! bener juga ya bok dengan diversity itu. jadi inget satu episode earl ngajarin imigran bahasa inggris. cara ke rumah earl: belok kiri, terus, lampu merah, en so on en so forth. akhirnya malah nyelametin si earl. jamie presley so very convincing, btw.